Syarat & Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Layanan ini berlaku untuk situs HostMikro yang terdapat di www.hostmikro.com ; www.hostmikro.co.id serta web turunan dari situs tersebut. Syarat & Ketentuan ini berlaku mengikat antara HostMikro dengan Pelanggan terdaftar langsung di Portal Pengguna maupun Pelanggan dari Penjual Kembali (Reseller) layanan HostMikro. DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN HostMikro, PELANGGAN SETUJU DENGAN SYARAT & KETENTUAN LAYANAN INI.

HostMikro berhak untuk mengubah, memodifikasi, menambah atau menghapus sebagian maupun keseluruhan Syarat & Ketentuan kapan saja, baik dengan atau tanpa pemberitahuan kepada pelanggan. Pelanggan bertanggung jawab untuk memeriksa Syarat & Ketentuan ini secara berkala. Pelanggan setuju bahwa dengan terus menggunakan produk dan layanan HOSTMIKRO merupakan penerimaan dan persetujuan pelanggan untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Registrasi Layanan

Pelanggan wajib mengisikan data dengan benar setiap form yang disediakan saat pendaftaran layanan. HostMikro berhak untuk menolak melakukan aktivasi jika terindikasi data yang diisikan pada form pemesanan tidak valid atau tercantum dalam database pengguna curang (fraud database) milik HostMikro maupun pihak ketiga.
Pelanggan wajib melakukan verifikasi email dan mencantumkan satu nomor ponsel aktif untuk memudahkan HostMikro menghubungi Pelanggan jika ada kendala dalam layanan. HostMikro akan melakukan aktivasi layanan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kalender setelah validasi pembayaran. Masa berlaku layanan dihitung sejak layanan mulai aktif.

Permintaan Perubahan Layanan

Permintaan perubahan layanan hanya dapat dilakukan melalui Tiket Bantuan yang tersedia di laman Portal Pengguna. HostMikro berhak menolak permintaan perubahan layanan selain melalui Tiket Bantuan.

Penggunaan Layanan

Pelanggan setuju untuk mematuhi peraturan konten yang diizinkan dan dilarang dalam layanan HostMikro sebagaimana tercantum dalam laman 'Kebijakan Penggunaan'. Mohon tinjau laman 'Kebijakan Penggunaan' HostMikro untuk informasi selengkapnya.

Biaya Layanan

Pelanggan setuju untuk membayar biaya penggunaan layanan HostMikro sesuai dengan nilai tercantum dalam tagihan yang diterbitkan dan mengikuti ketentuan yang tertera dalam 'Kebijakan Pembayaran'. Mohon tinjau laman 'Kebijakan Pembayaran' HostMikro untuk informasi selengkapnya.

Penyalahgunaan Layanan

  1. Penggunaan resource bersifat abusive
  2. Jika layanan pelanggan terindikasi menggunakan resource diluar batas kewajaran disebabkan oleh malware, hacked, ddos, atau sebab lainnya dan berpotensi menimbulkan gangguan bagi pelanggan HostMikro lainnya, maka layanan pelanggan yang bersangkutan akan ditangguhkan untuk sementara. Pelanggan dapat mengajukan aktivasi layanan dengan membuat Tiket dukungan dan pelanggan wajib untuk segera melakukan perbaikan dan pencegahan resource abuse.
  3. Pemakaian bandwidth
  4. Seluruh layanan HostMikro dengan alokasi bandwidth unmetered, tidak dibatasi kuota selama digunakan dalam batas kewajaran. Apabila pelanggan terindikasi menggunakan bandwidth untuk aktivitas terlaran seperti, namun tidak terbatas pada torrent leeching/seeding, botnet, download leech, dan/atau kegiatan lainnya yang berpotensi menimbulkan gangguan bagi pelanggan HostMikro lainnya, maka layanan pelanggan yang bersangkutan akan ditangguhkan untuk sementara. Pelanggan dapat mengajukan aktivasi layanan dengan membuat Tiket dukungan dan pelanggan wajib untuk segera melakukan perbaikan dan pencegahan resource abuse.
  5. Percobaan perusakan
  6. Dilarang keras melakukan segala bentuk aktivitas yang berpotensi merusak jaringan, server, data serta perangkat HostMikro dan akun milik pelanggan lain. Pelanggan wajib bertanggung jawab seluruhnya atas akun yang dimiliki. Pelanggaran atas ketentuan layanan mengakibatkan akun pelanggan bersangkutan akan ditangguhkan atau dibatalkan seketika.
  7. Spam dan UCE (Unsolicited Commercial Email) atau UBE(Unsolicited Bulk Email)
  8. HostMikro memiliki kebijakan Tanpa Toleransi (Zero Tolerance) terhadap aktivitas pengiriman email komersial massal tanpa persetujuan (Unsolicited Bulk/Commercial Email - UBE/UCE). Pelanggan seluruh layanan HostMikro dilarang untuk terlibat dalam segala bentuk aktivitas penyebaran Spam, baik mengelola, menyimpan, menyebarkan informasi yang berasal dari jaringan lain melalui layanan HostMikro.
    Pelanggaran atas ketentuan ini dapat mengakibatkan akun pelanggan bersangkutan akan ditangguhkan dan/atau dibatalkan seketika. HostMikro juga berhak membebankan tagihan denda yang dikenakan oleh data center maupun data carrier kepada pelanggan yang terlibat dalam aktivitas Spam/UCE/UBE.

Penghentian Layanan

HostMikro berhak menangguhkan, membatalkan dan/atau menghentikan akun Pelanggan layanan apabila terindikasi pelanggaran atau potensi pelanggaran atas ketentuan layanan.

  1. Penangguhan layanan ketika akun pelanggan melanggar Syarat & Ketentuan dan/atau aturan tercantum dalam Kebijakan Penggunaan serta mengabaikan peringatan yang dikirimkan oleh HostMikro dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.
  2. Penghentian dan/atau pembatalan layanan ketika akun pelanggan melanggar Syarat & Ketentuan terkait aktivitas SPAM/UCE/UBE.
  3. Penghentian dan pembatalan layanan ketika pelanggan tidak melakukan pembayaran tagihan setelah batas waktu berakhir.
  4. Pembatalan layanan ketika pelanggan, karyawan pelanggan, agen pelanggan, ataupun pihak terkait lainnya melakukan percobaan akses secara tidak sah ke dalam sistem HostMikro yang berpotensi menyebabkan pelanggaran keamanan atau terlibat dalam aktivitas pelanggaran hukum.

Jaminan Layanan

Jaminan Uptime

HostMikro memberikan jaminan 99,9% uptime pada network dan server Shared Hosting, Wordpress Hosting, Private Hosting, Reseller Hosting dan FlexVM OnApp. Jaminan tidak berlaku pada peristiwa server malfungsi, serangan siber, hacker, flooding, server reboot, pemeliharaan perangkat yang sudah direncanakan server upgrade dan keadaan bersifat force majeure.

Jaminan Keamanan Sistem

HostMikro senantiasa menjaga keamanan pada server layanan Shared Hosting, Wordpress Hosting, Private Hosting, dan Reseller Hosting. Termasuk data file web, database dan email sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh Pelanggan sendiri. Kelalaian Pelanggan tersebut diantaranya, namun tidak terbatas pada :
  1. Pencurian otorisasi akses (hosting account dan seluruh fasilitas di dalamnya, control panel, e-mail, dan billing) akibat ketidak-amanan komputer Pelanggan, meliputi adanya worm, virus, keylogger, dan jika pelanggan melakukan akses dari komputer dan/atau jaringan publik.
  2. Menjalankan script yang tidak dievaluasi keamanannya.
  3. Mengabaikan keamanan script yang dijalankan.
  4. Memiliki file atau direktori dengan permission all read write execute (mode 777).
  5. Memiliki script yang beresiko tinggi terhadap keamanan data atau secara umum telah diketahui sebagai bug seperti, namun tidak terbatas pada, konten nulled/cracked.

HostMikro berhak untuk melakukan pengarsipan (archive/compress) atau penghapusan apabila ditemukan file terindikasi script yang membahayakan stabilitas server (script spam, flooding, dan crawl, serta script lain yang membuat load cpu/memory tinggi). Perlindungan keamanan data dilakukan untuk layanan yang dikelola langsung oleh HostMikro, tidak termasuk pada layanan diselenggarakan oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan HostMikro.

Klaim atas Kegagalan Jaminan Uptime

Klaim atas kegagalan jaminan uptime di atas dapat disampaikan melalu ticket dalam waktu maksimal 7 (tujuh) hari setelah terjadinya gangguan. Klaim kegagalan uptime server dan uptime network harus disertai bukti hasil traceroute ke layanan Pelanggan dalam waktu terjadinya gangguan dan akan dilakukan crosscheck dengan data milik HostMikro.
Klaim akan ditolak apabila disebabkan oleh pihak lain yang berada di luar tanggung jawab HostMikro, seperti namun tidak terbatas pada :
  1. Gangguan konektivitas internet pada ISP Pelanggan.
  2. Gangguan konektivitas internet yang terjadi pada salah satu route yang menjadi jalur konektivitas dari Pelanggan ke server HostMikro.
  3. Gangguan yang disebabkan oleh kejadian bersifat force majeure.
  4. Gangguan yang disebabkan oleh adanya disrupsi yang ditimbulkan oleh pihak lain.
Apabila gangguan pada uptime server yang diklaim oleh Pelanggan sesuai dengan data milik HostMikro, maka kompensasi akan diberikan dalam bentuk Deposit yang dapat digunakan untuk membayar tagihan layanan HostMikro dengan perhitungan sebagai berikut :
  • [1 (satu)] x [biaya layanan terkait per-hari] x [jumlah masa downntime]
  • Penghitungan 1 (satu) masa downtime = 2 s/d 24 jam masa downtime diluar jaminan uptime

Batasan Tanggung Jawab

HostMikro maupun investor beserta seluruh jajaran manajemen tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerusakan yang mungkin dapat terjadi ketika server dan layanan HostMikro tidak dapat diakses karena berbagai hal dan alasan. HostMikro maupun investor beserta seluruh jajaran manajemen tidak bertanggung jawab atas kerusakan, kerugian dan/atau kehilangan data yang terjadi akibat kerusakan maupun pemutusan layanan. HostMikro maupun investor beserta seluruh jajaran manajemen tidak bertanggung jawab jika pelanggan tidak menerima dan/atau tidak membaca email maupun pesan teks pemberitahuan yang telah dikirimkan oleh HostMikro mengenai layanan yang telah didaftarkan pelanggan.

Pelanggan secara tegas memahami bahwa HostMikro maupun investor beserta seluruh jajaran direksi, manajemen, staf, mitra, dan pemberi lisensi tidak akan bertanggung jawab kepada pelanggan atas kerugian yang bersifat langsung, tidak langsung, khusus, insidental, konsekuensial atau tipikal, termasuk, namun tidak terbatas pada kerugian atas hilangnya keuntungan, kesempatan, biaya pengadaan barang dan/atau jasa pengganti, data, manfaat, dan/atau kerugian tidak berwujud lainnya bahkan jika HostMikro telah menerima pemberitahuan potensi kerugian tersebut sebagai akibat dari :

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan pelanggan menggunakan layanan HostMikro.
  2. Akses tidak sah ke atau perubahan dari transmisi atau data pelanggan.
  3. Segala perubahan yang dilakukan terhadap layanan HostMikro dan/atau penangguhan sementara dan/atau penghentian permanen layanan HostMikro atau setiap bagiannya.
  4. Pernyataan atau tindakan dari pihak ketiga pada layanan HostMikro.
  5. Adanya konten yang mengandung ujaran kebencian, SARA dan/atau pornografi yang ada di layanan.
  6. Penghapusan atas, kerusakan dari, atau kegagalan untuk menyimpan dan/atau mengirimkan atau menerima transmisi atau data pelanggan pada atau melalui layanan HostMikro.
  7. Masalah lain yang terkait dengan layanan HostMikro.
  8. Pelanggaran atas perjanjian Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Penggunaan yang telah ditetapkan oleh HostMikro.

Cadangan dan Pemulihan Data

HostMikro menyediakan cadangan data (backup) mingguan bersifat insidental untuk keperluan internal layanan hosting. Pelanggan bertanggung jawab penuh atas ketersediaan dan pembaruan cadangan data dari layanan yang digunakan. Batas maksimal kuota cadangan data yang disediakan adalah sebesar 3x ruang penyimpanan atau selama empat minggu layanan berjalan (mana yang lebih dahulu tercapai). Untuk kapasitas penyimpanan sebesar 10GB dan lebih, retensi cadangan data hanya untuk dua minggu layanan berjalan. Pelanggan membebaskan HostMikro dari segala bentuk kerugian atas kegagalan, kehilangan, dan/atau tidak tersedianya cadangan data.

Pelanggan server fisik (dedicated server), server virtual (virtual private server) dan Flex VM OnApp diwajibkan melakukan back up data secara proaktif dan mandiri. HostMikro tidak memberikan garansi ketersediaan dan validitas atas fitur snapshot dan cadangan data untuk layanan Flex VM OnApp. Pelanggan bertanggung jawab penuh atas ketersediaan dan pembaruan cadangan data dari layanan yang digunakan. Pelanggan membebaskan HostMikro dari segala bentuk kerugian atas kegagalan, kehilangan, dan/atau tidak tersedianya cadangan data.

Pemulihan data layanan hosting dapat diajukan oleh pelanggan melalui tiket bantuan di Portal Pengguna. Pemulihan data bersifat menyeluruh dan total untuk domain utama, bukan parsial atau sebagian hanya untuk domain atau subdomain dalam satu akun domain utama. Pelanggan dapat meminta salinan cadangan data selama layanan dalam status aktif. HostMikro berhak menolak permintaan salinan cadangan data jika layanan pelanggan dalam status ditangguhkan atau dibatalkan/dihentikan.

Sistem HostMikro akan menghapus layanan dan cadangan data secara otomatis dan permanen paling lambat :
  1. 7 (tujuh) hari, untuk layanan Shared Hosting dan Reseller Hosting
  2. 2 (dua) hari, untuk layanan Flex VM, Virtual Private Server dan Dedicated Server
terhitung sejak layanan tersebut dibatalkan/dihentikan, terkecuali dibutuhkan untuk tindakan hukum.

Force Majeure

Force majeure adalah suatu keadaan yang ada di luar kemampuan. Misalnya bencana alam, banjir, badai, yang dinyatakan oleh Pemerintah sebagai bencana alam, huru hara, kebakaran, sabotase, peperangan, epidemi dan kepatuhan terhadap pelaksanaan perundang-undangan.
Jika HostMikro mengalami kondisi bersifat force majeure, maka Pelanggan akan diberitahukan melalui email segera setelah mengalami force majeure atau selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sejak force majeure terjadi dengan memberikan penjelasan dan perkiraan dimulainya kembali aktivitas layanan normal.

Sanggahan

HostMikro maupun investor beserta seluruh jajaran manajemen tidak dapat dikenakan tanggung jawab atas terjadinya down time, kerusakan maupun kehilangan data, serta potensi keuntungan yang didapat oleh pelanggan apabila layanan berfungsi dengan baik. Beberapa komponen maupun layanan dan lisensi dari HostMikro merupakan penjualan kembali dari pihak ketiga. HostMikro maupun investor beserta seluruh jajaran manajemen tidak dapat dikenakan tanggung jawab atas terjadinya kegagalan layanan yang disebabkan oleh masalah yang terjadi akibat penjualan kembali layanan dari pihak ketiga. Beberapa perangkat lunak, perangkat keras, maupun sistem routing yang digunakan oleh HostMikro tidak dimiliki, dikelola, maupun ditulis secara langsung oleh HostMikro.

HostMikro tidak bertanggung jawab atas akun layanan yang dimiliki pelanggan dan bagaimana pelanggan menggunakan layanan tersebut. Pelanggan bertanggung jawab penuh atas konten yang dikelola. Apabila pelanggan tidak mematuhi peraturan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan layanan ini beserta kebijakan-kebijakan terkait, HostMikro berhak menangguhkan, menghentikan dan menghapus akun pelanggan tanpa atau dengan pemberitahuan terlebih dahulu.

Penggantian tidak terpenuhinya Jaminan Layanan bersifat "by request" HostMikro akan memberikan ganti rugi sesuai dengan Aturan Layanan jika dan hanya jika Pelanggan mengirimkan permohonan penggantian melalui Portal Pelanggan.

HostMikro berhak untuk menambahkan/mengubah/mengurangi isi dari laman Syarat dan Ketentuan Layanan, Kebijakan Penggunanan, Kebijakan Pembayaran, serta Kebijakan Privasi kapanpun, baik dengan maupun tanpa pemberitahuan kepada pelanggan. HostMikro akan memberitakan perubahan aturan yang berlaku di melalui Website HostMikro dan Email Pelanggan yang terdaftar, khususnya yang terkait dengan Penghentian Berlangganan, Biaya Berlangganan, atau perubahan mayor. Pelanggan wajib memperhatikan aturan yang berlaku di HostMikro dalam periode tertentu untuk memastikan bahwa pelanggan tetap mengupdate informasi dari HostMikro. Permintaan secara khusus oleh Pelanggan mengenai perubahan apapun dari isi Syarat dan Ketentuan, Harus dilakukan secara tertulis kepada HostMikro dan akan melalui proses review terlebih dahulu namun tidak menjamin apakah akan disetujui atau tidak disetujui.

Hukum & Yurisdiksi Pemerintah

HostMikro berhak untuk mendukung lembaga hukum berwenang dengan memberikan informasi yang diperlukan jika terdapat permohonan tertulis berlandaskan hukum dari lembaga hukum berwenang dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pelanggan.

Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan ditafsirkan dengan hukum yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jika terjadi perselisihan, kontroversi, atau klaim yang timbul atau terkait dengan perjanjian, pihak yang mengklaim bahwa suatu perselisihan telah timbul harus segera memberitahukan pihak lain dengan memberikan rincian perselisihan tersebut.

Selama 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan tersebut diberikan, masing-masing pihak harus menyelesaikan perselisihan tersebut dengan sebaik-baiknya. Jika para pihak tidak dapat menyelesaikan perselisihan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari, masing-masing pihak akan segera merujuk perselisihan tersebut ke petugas yang berwenang (atau delegasi mereka) untuk mendapatkan keputusan. Jika petugas yang berwenang (atau delegasi) dari kedua pihak tidak dapat menyelesaikan perselisihan tersebut dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal perselisihan tersebut dirujuk, masing-masing pihak setuju bahwa perselisihan tersebut akan dirujuk dan akhirnya diselesaikan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Kebijakan Penggunaan

Dalam menggunakan layanan HostMikro, pelanggan wajib menaati peraturan hukum yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Syarat & Ketentuan penyelenggaraan layanan yang diberlakukan oleh HostMikro. Kebijakan Penggunaan ini disusun sebagai panduan hak dan kewajiban pelanggan saat menggunakan layanan HostMikro.

Larangan Umum

Secara umum, berikut ini adalah hal yang DILARANG dalam menggunakan seluruh layanan HostMikro

Konten Terlarang

  1. Pornografi
  2. Menggunakan layanan HostMikro untuk mempromosikan, mengirimkan, menyimpan, dan/atau menyebarluaskan segala bentuk pornografi termasuk namun tidak terbatas pada gambar, tulisan, foto, video, iklan, alat bantu seksual dan sejenisnya.
  3. Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
  4. Menggunakan layanan HostMikro untuk menyebarluaskan material, konten, barang, perangkat, yang melanggar dan/atau menyalahgunakan Hak Kekayaan Intelektual atau hak milik orang lain.
  5. Perjudian
  6. Menggunakan layanan HostMikro untuk mengiklankan, membuat, menyebarluaskan, dan mempromosikan segala bentuk aktivitas perjudian.
  7. Pelanggaran Norma
  8. Menggunakan layanan HostMikro untuk menyebarluaskan, mempromosikan, dan membuat konten bersifat menghina, memfitnah, kasar, cabul, atau konten tidak pantas lainnya yang bertentangan dengan norma-norma berlaku umum.
  9. Konten Berbahaya
  10. Menggunakan layanan HostMikro untuk membuat dan/atau mendistribusikan konten berbahaya seperti namun tidak terbatas pada malware, rootkit, virus, trojan, worms, bots yang dapat mengganggu, merusak, mencegat, atau mengambil alih sistem dan hak akses.
  11. Spam (Unsolicited Bulk/Commercial Email)
  12. Menggunakan layanan HostMikro untuk mengirim, mendistribusikan dan/atau memfasilitasi pengiriman email massal yang tidak diinginkan dalam bentuk apapun termasuk namun tidak terbatas pada promosi, iklan, afiliasi, dan bentuk aktivitas seperti spamming lainnya.
  13. Lainnya
  14. Menggunakan layanan HostMikro untuk membuat, mengirim, mendistribusikan dan/atau memfasilitasi konten yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan norma yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keamanan

  1. DoS/DDoS
  2. Melakukan flooding target dengan permintaan komunikasi berlebihan yang menyebabkan target gagal atau lambat merespon komunikasi sah dan menggangu kinerja sistem target.
  3. Monitoring dan/atau Crawling
  4. Melakukan pemantauan dan perayapan secara terus menerus sehingga mengganggu kinerja sistem lain.
  5. Operasional Jaringan Terbuka
  6. Menjalankan layanan seperti relay email terbuka, proxy terbuka, dan/atau open recursive domain name system.
  7. Akses Ilegal
  8. Mengakses dan/atau menggunakan sistem lain tanpa izin, termasuk namun tidak terbatas pada percobaan penyelidikan, pemindaian, pengujian kerentanan keamanan sistem, dan pelanggaran keamanan atau otentikasi keamanan yang digunakan oleh sistem.
  9. Interferensi
  10. Mengganggu kinerja dan kestabilan, termasuk membebani sistem lain dengan cara pengiriman surat elektronik secara massal, serangan siaran, dan/atau segala bentuk teknik flooding.
  11. Operasional Jaringan
  12. Menjalankan layanan jaringan termasuk namun tidak terbatas pada jaringan virtual pribadi untuk umum (public virtual private network), open mail relay, open recursive dns, public seed torrent, atau download leecher.
  13. Pelanggaran Lainnya
  14. Termasuk namun tidak terbatas pada
    • Membiarkan website dalam keadaan tidak aman (tidak melakukan update atau patching versi program atau keamanan)
    • Melakukan packet sniffing, security exploit, cloacking, atau spoofing.
    • Melakukan port scanning atau load testing atas aset yang tidak dimiliki secara sah.

Pelanggaran bersifat Penyalahgunaan

  1. Penyalahgunaan Sumber Daya Sistem
  2. Menggunakan sumber daya CPU, RAM, dan Media Penyimpanan untuk keperluan dan aktivitas tidak sah.
  3. Penyalahgunaan Batasan Sumber Daya Sistem
    1. Memasang script/program/aplikasi brute force, image hosting, file dump/mirror, web proxy, mail proxy, dan jenis-jenis proxy lainnya
    2. Memasang script/aplikasi/program yang berpotensi membebani kinerja server sehingga mengganggu kestabilan performa layanan dan pelanggan lain.
  4. Menghindari Pembatasan Sistem
    1. Melakukan usaha akses melebihi batasan layanan yang telah ditetapkan oleh HostMikro.
    2. Melakukan usaha melewati batasan sistem untuk mendapatkan sumber daya lebih besar dari yang telah ditetapkan oleh HostMikro.
  5. Penyalahgunaan Bandiwdth
  6. Menggunakan bandwidth secara tidak wajar seperti terlibat dalam aktivitas berbagi secara peer-to-peer, file sharing, dan/atau leeching.

Penggunaan Layanan

Layanan Hosting

Layanan Hosting termasuk di dalamnya Shared Hosting, Wordpress Hosting, Reseller Hosting dan Private Hosting
Setiap konten yang ada pada server HostMikro tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku. HostMikro menyediakan layanan sewa dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi Pelanggan jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Adapun HostMikro memberlakukan ketentuan penyiaran konten yang tidak diperbolehkan dalam layanan hosting, yaitu:
  1. IRC Scripts / Bots
  2. Proxy Scripts / Anonymizers
  3. AutoSurf / PTC / PTS / PPC sites
  4. Auto-Follower dan sejenisnya
  5. IP/Port Scanners
  6. Mail Bombers / Spam Scripts
  7. Load Tester
  8. Bruteforce Programs / Scripts / Applications
  9. Banner-Ad services (commercial banner ad rotation)
  10. File Dump / Mirror Scripts / File Sharing / File Leech
  11. Aktivitas Torrent
  12. Streaming Audio / Video komersial
  13. Storage / Media Penyimpanan
  14. Surat Wasiat / Obligasi
  15. High-Yield Interest Programs (HYIP) atau Situs Sejenis
  16. Situs Investasi (FOREX, Exchange, Second Life/Linden Exchange, Ponzi, MLM / Pyramid Scheme)
  17. MUDs / RPGs / PBBGs
  18. Situs tentang Hacker / archives / programs
  19. Situs yang mempromosikan aktivitas illegal
  20. Pornografi, Pornoaksi, Child-porn, Alat Bantu Seks, dan segala bentuk konten melanggar asusila
  21. Bank Debentures / Bank Debenture Trading Programs
  22. Website Palsu / Penipuan (Termasuk, tapi tak terbatas pada situs yang terdaftar di aa419.org & escrow-fraud.com)
  23. Push Button Mail Scripts
  24. Tell A Friend Scripts
  25. Anonymous / Bulk SMS Gateways
  26. Bitcoin Miners
  27. PayDay Loan Sites (termasuk didalamnya situs yang berhubungan dengan PayDay loans, PayDay loan affiliate progams, etc)
  28. Menyediakan layanan gratis (iklan gratis, email gratis, dan semacamnya)
  29. Melanggar ketentuan hukum yang berlaku di wilayan Republik Indonesia dan/atau Negara tempat Server berada.
  30. Crawl Script.
Selain itu, untuk menjaga kenyamanan penggunaan layanan seluruh Pelanggan, perlu adanya ketentuan penggunaan secara umum sebagai berikut:
  1. Penggunaan berlebih sumber daya sistem secara terus menerus selama lebih dari 90 detik.
  2. Menjalankan proses pada server secara otonom tanpa pengawasan. Hal ini termasuk semua daemon , seperti IRCD.
  3. Menjalankan semua jenis web spider atau indexer (termasuk Google Cash/AdSpy).
  4. Menjalankan software yang terhubung dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat).
  5. Menjalankan aplikasi atau pelacak untuk bit torrent.
  6. Berpartisipasi/terkoneksi dengan kegiatan file sharing, peer-to-peer maupun leeching
  7. Menjalankan cron jobs dengan interval kurang dari 15 menit.
  8. Menggunakan hosting untuk membuat layanan gratis kepada publik.
  9. Mengeksekusi perintah (query) MySQL lebih dari 15 detik. Untuk itu disarankan untuk meng-index dengan tepat setiap table pada database.
  10. Bila menggunakan fungsi include pada PHP untuk memanggil file pada direktori lokal, sebaiknya langsung memanggil nama file, jangan menggunakan URL lengkap (absolute path) untuk mempercepat proses intruksi yang dilakukan.
  11. Untuk membantu mengurangi penggunaan sumberdaya server, jangan memaksa kode html (client side code) untuk menangani perintah server (server side code) (seperti php dan shtml ).
  12. Gunakan protokol https hanya bila diperlukan, hal tersebut dikarenakan meng-enkripsi dan men-dekripsi komunikasi akan memberatkan kerja dari CPU daripada komunikasi tanpa enkripsi.
  13. Menjalankan video dan audio streaming.
  14. Menggunakan layanan shared hosting sebagai file storage atau backup storage
Penggunaan lebih dari 250.000 inode pada setiap account secara bersamaan berpotensi menyebabkan penurunan performa server. Jika ditemukan yang melebihi batas inode 200.000 secara otomatis akan dihapus dari sistem back-up HostMikro untuk menghindari batas penggunaan sumber daya server, namun database masih akan dibiarkan saja berjalan. Setiap file (halaman web, file gambar, email, dan lainnya) pada account Pelanggan akan dihitung 1 inode. Akun yang melebihi batas inode akan langsung dikenakan penghentian sementara (suspend), namun untuk akun yang terus-menerus membuat dan menghapus file secara teratur, meskipun memiliki ratusan ribu file dan tidak menyebabkan kerusakan sistem tidak akan dikenakan penghentian sementara (suspend).

Layanan Server

Layanan server termasuk di dalamnya CDN, Virtual Private Server, FlexVM OnApp dan Dedicated Server. Untuk layanan Server yang bersifat 'Unmanaged', seluruh aspek penggunaan menjadi tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya. HostMikro akan segera memproses segala bentuk pelanggaran, tanpa perlu memperdulikan kemampuan pengelolaan Server dari sisi pelanggan. Segala biaya yang muncul dari proses penyelesaian masalah menjadi tanggung jawab Pelanggan, misalnya delisting IP dari daftar Blacklist.

Setiap konten yang ada pada server HostMikro tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku di Negara Indonesia dan Negara di mana lokasi server dipilih. HostMikro menyediakan sewa layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya. HostMikro terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi Pelanggan jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Adapun HostMikro memberlakukan ketentuan penyiaran konten yang tidak diperbolehkan ada di Layanan Server, yaitu :
  1. Menjalankan semua jenis web spider atau indexer.
  2. Menjalankan software yang terhubung dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat).
  3. Menjalankan aplikasi atau pelacak untuk bit torrent
  4. Berpartisipasi / terkoneksi dengan kegiatan file sharing, peer-to-peer, dan leeching
  5. Menggunakan server sebagai video dan audio streaming.
  6. Menggunakan server sebagai server game seperti counter-strike , half-life , battlefield1942 , dll.
  7. Menggunakan server sebagai server download, leecher, dan/atau yang sejenis.
  8. Menggunakan server sebagai VPN dan tunneling publik.
  9. Menggunakan server sebagai email bomber/marketing server.
  10. Menggunakan server untuk mengirimkan email spam.
  11. Menggunakan server sebagai file-sharing/aktivitas peer-to-peer.
  12. Abuse sumber daya server.
  13. Menyediakan konten ilegal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara tempat Server berada.
  14. Pelanggaran HAKI.
  15. Penghinaan terhadap individu / organisasi lain.
  16. Menjual barang tiruan/bajakan/palsu atau menjual barang dengan merk palsu.
  17. Crawl Script.
  18. Network Flooding (DDoS).
  19. Melanggar ketentuan hukum yang berlaku di wilayan Republik Indonesia dan/atau Negara tempat Server berada.
  20. IP/Port Scanners.
  21. Mail Bombers / Spam Scripts.
  22. Streaming Audio / Video komersial.
  23. Situs tentang Hacker / archives / programs.
  24. Situs yang mempromosikan aktivitas illegal.
  25. Pornografi, Pornoaksi, Child-porn, Alat Bantu Seksual, dan segala bentuk konten melanggar asusila.
  26. Bitcoin Miners.

Layanan Domain

HostMikro menyediakan layanan registrasi dan transfer domain dengan ekstensi tingkat dua dan satu (ccTLD, country-code Top Level Domain) negara Indonesia (.id dan .*.id) dan ekstensi domain global (gTLD, global Top Level Domain), dengan ketentuan :
  1. HostMikro tidak bertanggung jawab atas ketersediaan domain.
  2. HostMikro akan memproses registrasi domain hanya setelah Pelanggan melakukan pembayaran dan konfirmasi.
  3. Pelanggan wajib melakukan perpanjangan (renewal) domain jika ingin tetap menggunakan domain.
  4. Transfer domain ke registrar lain (transfer out) diizinkan setelah jangka waktu minimal 3 (tiga) bulan setelah didaftarkan dan maksimal 1 (satu) bulan sebelum expired.
  5. Transfer domain ke HostMikro (transfer in) maksimal 1 bulan sebelum domain expired.
  6. Pelanggan wajib tunduk terhadap aturan penamaan dan kepemilikan domain sesuai peraturan yang berlaku.
  7. HostMikro berhak menolak mendaftarkan nama domain tanpa perlu menjelaskan alasannya kepada Pelanggan.
  8. HostMikro berhak membatalkan atau meminta Pelanggan untuk melakukan transfer out atas suatu nama domain tanpa perlu menjelaskan alasannya kepada Pelanggan.
Ketentuan umum pemilihan nama domain yang didaftarkan melalui layanan registrasi domain dan transfer masuk (transfer in) ke layanan domain HostMikro berlaku sebagai berikut:
  1. Dilarang mendaftarkan nama domain yang mengandung unsur SARA
  2. Dilarang mendaftarkan nama domain yang mengandung unsur kebencian
  3. Dilarang mendaftarkan nama domain yang melanggar HKI
  4. Dilarang mendaftarkan nama domain yang mengandung unsur Pornografi, Pornoaksi, Child Porn, Alat Bantu Seksual dan segala bentuk konten melanggar norma kesusilaan.
  5. Dilarang mendaftarkan nama domain untuk melakukan tindakan melanggar hukum, peraturan dan norma yang berlaku.

Kegiatan Terlarang Lainnya

  1. Menggunakan layanan HostMikro untuk segala bentuk aktivitas yang membahayakan reputasi, orang, serta operasi HostMikro beserta seluruh investor. Termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada promosi palsu, menawarkan dan menyebarkan barang, layanan, jasa, skema, informasi dan segala bentuk praktik penipuan lainnya.
  2. Membuat situs berisi affiliate/referal program, e-MLM, network marketing, HYIP (High Yield Investment Program) site, ponzi/pyramid scheme/money game, scam site, fraud, auto surf/PTC/PTS/PPC, penggunaan php shell, hacking, atau cracking, dan distribusi konten ilegal menurut Undang-undang dan Peraturan yang berlaku.

Pelaporan Pelanggaran Kebijakan

Jika pelanggan maupun masyarakat secara umum mengetahui adanya pelanggaran terhadap Kebijakan serta Syarat dan Ketentuan layanan ini, harap segera memberi tahu dan memberikan petunjuk, apabila diminta, untuk menghentikan atau memperbaiki pelanggaran tersebut. Laporan pelanggaran kebijakan dapat disampaikan melalui email support@hostmikro.com atau admin@hostmikro.co.id, disertai penjelasan dan bukti pendukung.

Kebijakan Pembayaran

Jangka Waktu Penagihan

HostMikro menyediakan penagihan biaya layanan dengan format masa berlaku layanan selama Bulanan (monthly), Tiga Bulanan (quarterly), Enam Bulanan (semi-annually), dan Tahunan (annually). Batasan tagihan dapat berbeda-beda dalam setiap layanan tergantung paket layanan, promosi, dan kondisi lainnya.
Penagihan menggunakan sistem prabayar di mana biaya layanan ditagihkan di awal sebelum layanan mulai berjalan. Lembar tagihan akan diberikan selambat-lambatnya 7 (hari) sebelum masa jatuh tempo layanan berakhir melalui Portal Pelanggan (Client Area) maupun email pelanggan yang terdaftar.

Perubahan Jangka Waktu Penagihan

  1. Perubahan jangka waktu penagihan hanya berlaku untuk layanan Shared Hosting, Wordpress Hosting, dan Reseller Hosting.
  2. Perubahan dari penagihan bulanan ke masa yang lebih panjang, tiga-bulanan, enam-bulanan, maupun tahunan akan dihitung berdasarkan selisih tagihan yang dibayarkan. Seterusnya berlaku untuk tiga-bulanan atau enam-bulanan ke tagihan tahunan.
  3. Perubahan dari penagihan tahunan ke masa tagihan lebih pendek jika masih ada waktu layanan tersisa, akan dikembalikan dalam bentuk deposit layanan, yang dapat digunakan untuk membayar tagihan lainnya.
  4. Keterlambatan pembayaran tidak mengubah masa berlaku maupun tanggal pembaruan layanan.

Metode Pembayaran

  1. Deposit
  2. Pelanggan dapat menggunakan fitur deposit (top-up) untuk membayar tagihan yang akan datang maksimal sebesar Rp500.000. Deposit tersebut secara otomatis digunakan untuk membayar tagihan yang terbit dan tidak dapat ditarik kembali dalam bentuk apapun selain untuk pembayaran tagihan.
  3. Transfer Bank
  4. Pelanggan dapat menggunakan metode pembayaran manual melalui transfer bank untuk pembayaran layanan HostMikro. Transfer bank dapat dilakukan ke Bank Mandiri, CIMB Syariah, atau BNI Syariah. Pelanggan wajib menyampaikan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer.
  5. Pihak Ketiga
  6. Pelanggan dapat menggunakan metode pembayaran melalui layanan yang disediakan oleh pihak ketiga dan bekerjasama dengan HostMikro. Pembayaran dapat dilakukan dengan Internet Banking (BCA Klikpay, CIMB Clicks dan Mandiri Clickpay), Virtual Account (Maybank, Bank Permata, BNI, CIMB, ATM Bersama), atau Retail (Alfamart, Pegadaian, dan Kantor Pos).

Perubahan Layanan

Upgrade Layanan

  1. Upgrade layanan dapat dilakukan pada layanan Shared Hosting, Wordpress Hosting, Reseller Hosting, Private Hosting, FlexVM OnApp, dan CDN.
  2. Untuk Shared Hosting, Wordpress Hosting, dan Reseller Hosting, biaya upgrade layanan akan dihitung secara Prorata.
  3. Upgrade layanan tidak mengubah tanggal pembaruan layanan dan harga layanan setelah upgrade akan berlaku pada tanggal pembaruan selanjutnya.

Downgrade Layanan

  1. Downgrade layanan dapat dilakukan pada layanan Shared Hosting, Wordpress Hosting, Reseller Hosting, dan FlexVM OnApp.
  2. Untuk layanan Shared Hosting, Wordpress Hosting, dan Reseller Hosting, downgrade dapat dilakukan apabila penggunaan disk space kurang dari 50% (lima puluh persen) dan bandwidth kurang dari 5x (lima kali) alokasi disk space.
  3. Untuk layanan FlexVM OnApp, downgrade hanya bisa dilakukan untuk resource CPU dan RAM, dan penggunaan bandwidth kurang dari 1TB x kapasitas RAM.
  4. Pelanggan wajib memberitahukan downgrade maksimal 14 (empat belas) hari sebelum invoice selanjutnya diterbitkan atau sebelum masa berlaku layanan berakhir.
  5. Downgrade tidak dapat dilakukan apabila invoice masa layanan selanjutnya sudah diterbitkan.
  6. Downgrade layanan tidak mengubah tanggal pembaruan layanan dan harga layanan setelah upgrade akan berlaku pada tanggal pembaruan selanjutnya.

Penangguhan Layanan

HostMikro dapat melakukan penangguhan layanan pelanggan, jika pelanggan tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran kepada HostMikro, disebabkan oleh :
  1. Deposit tidak mencukupi untuk membayar tagihan pelanggan.
  2. Pelanggan tidak melakukan konfirmasi pembayaran yang dilakukan dengan metode transfer manual.
  3. Transaksi tidak berhasil diverifikasi oleh sistem pembayaran yang dijalankan oleh pihak ketiga.
Dampak dari penangguhan layanan:
  1. Layanan yang tidak dapat diakses dan digunakan
  2. Layanan yang telah memasuki pasa penangguhan, dapat dibayar paling lambat :

  3. 7 (tujuh) hari setelah masuk masa penangguhan untuk layanan Shared Hosting, Wordpress Hosting, dan Reseller Hosting.
    2 (dua) hari setelah masuk masa penangguhan untuk layanan Private Hosting, CDN, dan FlexVM OnApp.
    20 (dua puluh) hari setelah masuk masa penangguhan untuk layanan Domain.

Terminasi Layanan

Sistem HostMikro akan melakukan terminasi (pemutusan) layanan secara otomatis apabila pelanggan tidak melakukan pembayaran atau konfirmasi pembayaran sampai batas masa penangguhan layanan yang ditentukan.
HostMikro akan segera melakukan penghapusan data dan layanan pelanggan untuk alasan privasi data, kecuali untuk proses penegakan hukum sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Layanan dan data yang sudah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali.

Promosi

Pelanggan HostMikro dapat memanfaatkan berbagai promosi yang diselenggarakan dan diumumkan melalui Situs HostMikro, Portal Pelanggan HostMikro, atau media sosial. Untuk mendapatkan manfaat dari promosi yang diselenggarakan, pelanggan dapat menggunakan kode kupon tertentu, bertransaksi dengan nilai tertentu, dan berbagai bentuk promosi lainnya. Syarat dan ketentuan dalam tiap promosi bisa berbeda-beda dan akan dijelaskan lebih lanjut melalui materi promosi yang disampaikan.

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi terkait dengan pengumpulan, penggunaan dan pembukaan ke publik atas data pelanggan, termasuk informasi personal pada Portal Pelanggan HostMikro, layanan, fitur, aplikasi atau konten yang kami tawarkan di situs kami. Kebijakan ini, tidak berlaku untuk informasi yang diperoleh pengguna atau pelanggan tentang individu lain saat menggunakan situs, layanan, atau fungsi, produk, atau layanan lainnya yang ditawarkan oleh HostMikro. Laman ini memberi tahu Anda tentang kebijakan kami terkait pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data pribadi saat Anda menggunakan Layanan kami dan pilihan yang Anda miliki terkait dengan data itu.
Kami menggunakan data Anda untuk menyediakan dan meningkatkan Layanan. Dengan menggunakan Layanan, Anda menyetujui pengumpulan dan penggunaan informasi sesuai dengan kebijakan ini. Kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan Privasi ini, istilah yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama seperti dalam Syarat dan Ketentuan kami.

Pengumpulan dan Penggunaan Informasi

Kami mengumpulkan beberapa jenis informasi untuk berbagai tujuan untuk memberikan dan meningkatkan Layanan kami kepada Anda.

Jenis Data yang Dikumpulkan

Data Pribadi

Saat menggunakan Layanan kami, kami dapat meminta Anda untuk memberikan kami informasi identitas pribadi tertentu yang dapat digunakan untuk menghubungi atau mengidentifikasi Anda ("Data Pribadi"). Informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi mungkin termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Alamat email.
  2. Nama depan dan nama belakang.
  3. Nomor telepon.
  4. Alamat, Provinsi, Kode pos, Kota
  5. Cookie dan Data Penggunaan
Data Penggunaan

Kami juga dapat mengumpulkan informasi bagaimana Layanan diakses dan digunakan ("Data Penggunaan"). Data Penggunaan ini dapat mencakup informasi seperti alamat Protokol Internet komputer Anda (misalnya alamat IP), jenis peramban, versi peramban, laman Layanan kami yang Anda kunjungi, waktu dan tanggal kunjungan Anda, waktu yang dihabiskan untuk laman tersebut, unik pengidentifikasi perangkat dan data diagnostik lainnya.

Data Pelacakan & Cookie

Kami menggunakan cookie dan teknologi pelacakan serupa untuk melacak aktivitas di Layanan kami dan menyimpan informasi tertentu. Cookie adalah file dengan sejumlah kecil data yang mungkin termasuk pengidentifikasi unik anonim. Cookie dikirim ke browser Anda dari situs web dan disimpan di perangkat Anda. Teknologi pelacakan yang juga digunakan adalah suar, tag, dan skrip untuk mengumpulkan dan melacak informasi dan untuk meningkatkan dan menganalisis Layanan kami.
Anda dapat menginstruksikan browser Anda untuk menolak semua cookie atau untuk menunjukkan saat cookie sedang dikirim. Namun, jika Anda tidak menerima cookie, Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa bagian dari Layanan kami. Contoh Cookie yang kami gunakan:

  1. Cookie Sesi. Kami menggunakan Cookie Sesi untuk mengoperasikan Layanan kami.
  2. Cookie Preferensi. Kami menggunakan Cookies Preferensi untuk mengingat preferensi Anda dan berbagai pengaturan.
  3. Cookie Keamanan. Kami menggunakan Cookie Keamanan untuk tujuan keamanan.

Penggunaan Data

HostMikro menggunakan data yang dikumpulkan untuk berbagai tujuan:

  1. Untuk menyediakan dan memelihara Layanan.
  2. Untuk memberi tahu Anda tentang perubahan pada Layanan kami.
  3. Untuk memungkinkan Anda berpartisipasi dalam fitur interaktif dari Layanan kami saat Anda memilih untuk melakukannya.
  4. Untuk memberikan layanan dan dukungan pelanggan.
  5. Untuk memberikan analisis atau informasi berharga agar kami dapat meningkatkan Layanan.
  6. Untuk memantau penggunaan Layanan.
  7. Untuk mendeteksi, mencegah, dan mengatasi masalah teknis.

Transfer Data

Informasi Anda, termasuk Data Pribadi, dapat ditransfer ke - dan dipelihara di - komputer yang terletak di luar provinsi, negara atau yurisdiksi pemerintah lainnya di mana undang-undang perlindungan data mungkin berbeda dari yang berasal dari yurisdiksi Anda. Kami mentransfer data, termasuk Data Pribadi, ke Indonesia dan memprosesnya di sana.
Persetujuan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini diikuti dengan penyerahan Anda atas informasi tersebut merupakan persetujuan Anda atas transfer itu. HostMikro akan mengambil semua langkah yang diperlukan secara wajar untuk memastikan bahwa data Anda diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan tidak ada pengalihan Data Pribadi Anda akan dilakukan ke organisasi atau negara kecuali ada kontrol yang memadai di tempat termasuk keamanan data Anda dan informasi pribadi lainnya.

Pengungkapan Data

Persyaratan Hukum
HostMikro dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda dengan iktikad baik bahwa tindakan tersebut diperlukan untuk:
  1. Untuk mematuhi kewajiban hukum.
  2. Untuk melindungi dan membela hak atau properti dari HostMikro.
  3. Untuk mencegah atau menyelidiki kemungkinan kesalahan sehubungan dengan Layanan.
  4. Untuk melindungi keamanan pribadi pengguna Layanan atau publik.
  5. Untuk melindungi terhadap tanggung jawab hukum.

Keamanan Data

Keamanan data Anda penting bagi kami, tetapi ingat bahwa tidak ada metode transmisi melalui Internet, atau metode penyimpanan elektronik 100% aman. Meskipun kami berusaha menggunakan sarana yang dapat diterima secara komersial untuk melindungi Data Pribadi Anda, kami tidak dapat menjamin keamanan mutlaknya.

Penyedia Layanan

Kami dapat mempekerjakan perusahaan dan individu pihak ketiga untuk memfasilitasi Layanan kami ("Penyedia Layanan"), untuk menyediakan Layanan atas nama kami, untuk melakukan layanan terkait Layanan atau untuk membantu kami dalam menganalisis bagaimana Layanan kami digunakan.
Pihak ketiga ini memiliki akses ke Data Pribadi Anda hanya untuk melakukan tugas ini atas nama kami dan berkewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakannya untuk tujuan lain.

Analytics

Kami dapat menggunakan Penyedia Layanan pihak ketiga untuk memantau dan menganalisis penggunaan Layanan kami.

  1. Google Analytics

    Google Analytics adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web. Google menggunakan data yang dikumpulkan untuk melacak dan memantau penggunaan Layanan kami. Data ini dibagikan dengan layanan Google lainnya. Google dapat menggunakan data yang dikumpulkan untuk mengontekstualisasikan dan mempersonalisasi iklan dari jaringan periklanannya sendiri.

    Anda dapat memilih untuk tidak menjadikan aktivitas Anda di Layanan tersedia untuk Google Analytics dengan memasang add-on browser penyisih Google Analytics. Pengaya ini mencegah JavaScript Google Analytics (ga.js, analytics.js, dan dc.js) dari berbagi informasi dengan Google Analytics tentang aktivitas kunjungan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang praktik privasi Google, kunjungi halaman web Privasi dan Persyaratan Google: https://policies.google.com/privacy?hl=en

  2. Piwik atau Matomo

    Piwik atau Matomo adalah layanan analisis web. Anda dapat mengunjungi halaman Kebijakan Privasi mereka di sini: https://matomo.org/privacy-policy

Tautan Ke Situs Lain

Layanan kami mungkin berisi tautan ke situs lain yang tidak dioperasikan oleh kami. Jika Anda mengklik tautan pihak ketiga, Anda akan diarahkan ke situs pihak ketiga tersebut. Kami sangat menyarankan Anda untuk meninjau Kebijakan Privasi dari setiap situs yang Anda kunjungi.
Kami tidak memiliki kendali atas dan tidak bertanggung jawab atas konten, kebijakan privasi, atau praktik dari situs atau layanan pihak ketiga mana pun.

Privasi Anak-Anak

Layanan kami tidak ditujukan kepada siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun ("Anak-anak"), kecuali dalam pengawasan orang tua atau orang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas mereka.
Kami tidak dengan sengaja mengumpulkan informasi identitas pribadi dari siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun. Jika Anda adalah orang tua atau wali dan Anda tahu bahwa Anak-anak Anda telah memberi kami Data Pribadi, silakan hubungi kami. Jika kami mengetahui bahwa kami telah mengumpulkan Data Pribadi dari anak-anak tanpa verifikasi izin orang tua, kami mengambil langkah-langkah untuk menghapus informasi tersebut dari server kami.

Perubahan terakhir: 20 November 2018